Jual Bibit Jahe Gajah

Tanaman Jahe Gajah, merupakan jenis tumbuhan yang memiliki nama latin Zingiber officinale yang mana jenis Jahe Gajah merupakan salah satu varietas dari tanaman jahe yang mempunyai ukuran 3x lebih besar daripada jahe biasa,maka dari itu dengan ukuran yang jumbo seperti itu maka jahe ini disebut dengan jahe gajah.

Jual Bibit Jahe Gajah

Perlu anda ketahui secara pasti bahwa tanaman jahe sebenarnya masih saudara dengan jenis tanaman rimpang yang lainnya. Tanaman Jahe Gajah sendiri sebenarnya sudah cukup terkenal dan tentunya agak sedikit berbeda dengan jenis jahe pada umumnya,yang mana jenis jahe gajah ini tentunya sama-sama sudah terkenal bersamaan dengan jenis Jahe Gajah dan jahe emprit,jahe gajah pun dahulu juga sangat sering untuk digunakan sebagai bahan obat tradisional serta  tanaman rempah untuk bahan baku pembuatan masakan.

Tanaman jahe gajah ini sangat cocok untuk ditanam di daerah yang mempunyau iklim tropis seperti di wilayah Indonesia. Tanaman jahe ini sejatinya masih dibagi lagi hingga menjadi beberapa jenis yaitu Jahe Gajah, jahe emprit dan jahe gajah. Diantara ketiga jenis jahe ini jahe gajah merupakan jenis yang paling populer karena memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan juga memiliki kualitas yang unggul.

Tanaman jahe gajah atau yang biasa disebut dengan jahe badak memiliki fisik yang rimpang, lebih besar dan gendut. Pada ruas jahe gajah ini cenderung kembung apabila dibandingkan dengan jahe emprit dan Jahe Gajah. 

Biasanya bagian rimpang tanaman jahe gajah ini dominan berwarna kuning muda atau bisa juga berwarna kuning pudar dan juga memiliki serat yang jauh lebih halus dan mempunyai tekstur yang lembut jika dibandingkan dengan jahe yang lainnya. Tapi jahe gajah ini rasanya kurang pedas dan aromanya kurang tajam daripada jahe jenis yang lainnya.

Jual Bibit Jahe Gajah

Bentuk daun pada tanaman Jahe Gajah ini agak sedikit menyirip dan mempunyai bagian tangkai daun yang sedikit berbulu. Pada bagian mahkota bunga dominan sekali berbentuk tabung dengan bagian helai yang agak sempit serta sangat tajam, tangkai Jahe Gajah ini dominan mempunyai warna agak kuning kehijauan. Sementara pada bagian bibir bunga dan juga kepala sarinya (putik) berwarna ungu agak gelap dan terdapat bintik-bintik putih kekuningan.

Rimpang pada tanaman Jahe Gajah ini dominan sekali mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan jemari manusia,namun agak sedikit mengembung,dan agak luas antara bagian sela-sela ruas tengahnya. Tanaman Jahe Gajah ini ternayata banyak mempunyai kandungan minyak atsiri dan juga Jahe Gajah ini sangat dominan sekali mempunyai rasa yang begitu pedas dibandingkan dengan jenis jahe pada umumnya karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron.

Jahe Gajah merupakan tanaman yang masih termasuk bagian dari suku Zingiberaceae atau dalam istilah bahasa indonesia disebut dengan suku temu-temuan. Nama ilmiah yang diberikan untuk tumbuhan Jahe Gajah ini dinamai dari bahasa yunani yaitu zingiberios, dan bahasa sansekertanya adalah singaberi, nama ini dikeluarkan oleh tokoh dunia yang mempunyai nama William Roxburgh.

Manfaat dari tanaman Jahe Gajah ini biasanya sangat layak untuk digunakan sebagai obat herbal, yang mana hal semacam ini sudah dikenal sejak zaman dahulu khususnya berada di Negara china. Di negara china tanaman Jahe Gajah banyak digunakan untuk obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit seperti ginjal, serta secara optimal dapat memperbaiki fungsi kerja limpa dan di negara Arab,Jahe Gajah ini banyak digunakan untuk penghangat badan. 

Namun dibalik beberapa manfaatnya ternyata tumbuhan Jahe Gajah ini juga tidak boleh dikonsumsi sembarangan,dn khususnya oleh orang-orang yang sedang atau mengidap penyakit maag.

Walaupun demikian,ternyata manfaat yang terkandung pada Jahe Gajah ini juga sangat tinggi,dan sangat cocok untuk berbagai jenis pengobatan alami dan bisa mengobati berbagai penyakit, tetapi jika orang yang mempunyai maag dianjurkan hati-hati, atau malah tidak usah mengkonsumsinya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tanaman Jahe Gajah ini juga mengandung senyawa gingerol yang mana senyawa ini jauh lebih besar dibandingkan yang mana semuanya terdapat pada jahe biasa, dan senyawa itulah yang bisa membuat lambung di dalam tubuh kita menjadi terasa panas seperti terbakar.

Salah satu keunggulan yang ada pada jahe gajah dibanding jenis jahe lainnnya adalah:

Memiliki rasa pedas, yang mana rasa pedas ini dihasilkan dari adanya zat keton zingeron, yang tentunya jauh lebih banyak daripada jahe putih atau jahe emprit.

Jahe gajah ini juga memiliki kandungan serat yang sangat kecil, hampir setara dengan jahe putih,ketimbang jahe emprit.

Mengandung banyak minyak atsiri dengan kandungan yang paling besar, yaitu hampir 8% dari total berat kering.

Dengan keunggulan tersebut,maka jenis jahe geajah akan jauh lebih banyak memiliki kandungan zat dan fitonutrien ketimbang dua jenis jahe lainnya. Tak heran jika manfaat jahe gajah ini sangat banyak diolah dan juga menjadi bahan baku  utama minyak jahe dan obat.

Berikut ini adalah Beberapa khasiat dan Manfaat Jahe Gajah untu kesehatan:

1. Sebagai salah satu bat herbal yang kebanyakan penyakit batuk.

Cara pembuatan ramuannya: siapkan setidaknya sekitar 2 rimpang Jahe Gajah,yang mana masing-masing mempunyai ukuran ibu jari kita, lalu kemudian cuci Jahe Gajah hingga bersih dan pastikan juga agar tidak ada lagi kotoran yang menempel, lalu anda mulai untuk menyiapkan air bersiha sekitar 2 gelas dan rebus hingga tersisa satu gelas saja. Minum rebusan Jahe Gajah tersebut sehari dua kali.

2. Sebagai obat herbal untuk mengobati pegal-pegal. 

Cara pembuatan ramuannya : Sediakan setiaknya sekitar lebih dari dua rimpang jahe emrah,yang mana masing masing sebesar ibu jari kita, lalu siapkan juga dua gelas susu, kemudian bakar Jahe Gajah di bara api, kemudian pipihkan Jahe Gajah dengan di getok perlahan, lalu rebus Jahe Gajah dengan 2 gelas susu tadi hingga mendidih, minum ramuan sehari dua kali juga.

Bagaimana sebaiknya mengonsumsi Jahe Gajah agar manfaatnya maksimal?

Mirip dengan jahe biasa, Anda bisa mengonsumsi Jahe Gajah seperti cara-cara pada umumnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat akan mengonsumsi Jahe Gajah:

  • Mengonsumsi Jahe Gajah muda secara langsung.
  • Mengonsumsi Jahe Gajah segar yang dihaluskan untuk bumbu masakan maupun bahan utama minuman rempah alami.
  • Memilih Jahe Gajah kering atau bubuk yang telah untuk diseduh atau dibuat campuran minuman.
  • Mengkonsumsi secara rutin minyak Jahe Gajah, dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat.
  • Hindari sejak dini untuk tidak menambahkan takaran gula putih terlalu banyak atau tambahan lain seperti pemanis buatan pada seduhan jahe gajah,hal ini dikarenakan bisa mengganggu penyerapan zat antioksidan yang ada pada jahe.
  • Konsumsi secukupnya, batasi konsumsi setidaknya penggunaan seduhan dari jahe gajah ini paling banyak 1-2 ruas ibu jari atau ½ -1 sendok makanan bubuk Jahe Gajah dengan rentang waktu dalam satu hari.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*